+62 (0717) 422145
Link Penting UBB

UBB On The Road

Universitas Bangka Belitung On The Road
16 Oktober 2023 | 13:32:40 WIB


Melalui Proyek Independen, Mahasiswa UBB Ciptakan Mesin Perontok Debu Karpet Otomatis



Merawang, UBB-- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dari tim program proyek independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UBB yang terdiri dari Zillan Zalila, Anggas Anderean Saputra, dan Iwan Saputra, serta dosen pembimbing Eka Sari Wijianti S.Pd,M.T. ciptakan mesin perontok debu karpet otomatis.


Proyek independen merupakan bentuk pembelajaran yang mengakomodasi kegiatan mahasiswa yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat Nasional dan Internasional atau karya dari ide yang inofatif dengan masa pelaksanaanya kurang lebih selama empat bulan.


Zillan mengungkapkan, ide awal proyek ini karena seringnya melihat rutinitas orang yang sholat di masjid  kampus dan otomatis shaf/karpet akan berdebu dan kotor.


“Melihat masjid di Universitas Bangka Belitung rutinitas masyarakat dan Mahasiswa beribadah di masjid tersebut, maka otomatis shaf/karpet akan berdebu dan kotor, oleh karena itu kami berinovasi menciptakan “Mesin Perontok Debu Karpet Otomatis”, kenapa?, karena kami rasa “Mesin Perontok Debu Karpet Otomatis” dapat berguna untuk membersihkan debu yang ada pada shaf/karpet,” ujarnya pada Jumat (16/10/23).


“Kami rasa “Mesin Perontok Debu Karpet Otomatis” lebih unggul dalam membersihkan debu karpet dibandingkan vacuum cleaner. Cara kerja dan fungsi mesin tersebut adalah dengan merontokkan debu yang ada pada karpet dengan cara otomatis, maka debu otomatis keluar dari karpet,” tambahnya.


Menurut Zillan, langkah pertama adalah membuat bagian inti dari mesin tersebut seperti frame mesin, roll masuk karpet, poros perontok debu, dinamo listrik, dan alat pendukung lainnya. 


“Frame mesin berfungsi sebagai tempat dudukan dinamo listrik dan untuk mengikat komponen lainnya, roll masuk kerpet berfungsi sebagai jalannya masuk karpet, poros perontok debu berfungsi sebagai perontok debu karpet, dinamo listrik yang kami pakai yaitu 0,5HP dan 1.400 RPM yang berfungsi sebagai penggerak poros perontok debu karpet, dengan dinamo listrik yang mempunyai HP dan RPM tersebut memumpuni menanggung beban dan merontokkan debu karpet secara maksimal,” pungkasnya.


Dirinya berharap dengan terciptanya alat ini dapat bermanfaat dan digunakan oleh masyarakat.


“Dengan ini kami berharap mesin yang kami rancang ini dapat berfungsi untuk masyarakat dalam membersihkan debu karpet,” harapnya. (Tim MBKM)
 

UBB On The Road

Berita UBB

UBB Perspectives